Retur Penjualan (perbaharui biaya barang jika disimpan ulang)

Fungsi

Fitur ini berfungsi untuk mengatur apakah biaya barang dari transaksi retur penjualan saat dilakukan penyimpanan ulang (atas transaksi retur penjualan), akan berubah mengikuti biaya barang yang diubah pada suatu transaksi yang mengalami pengubahan pada biaya barangnya. Karena biaya barang dari transaksi retur penjualan di nilai berdasarkan biaya barang dari transaksi terakhir (sebelum transaksi retur penjualan).

Mengaktifkan Fitur Perbaharui Biaya pada Retur Penjualan

Mengaktifkan fitur ‘Perbaharui biaya barang jika disimpan ulang’ berarti Anda menyetujui akan adanya perubahan biaya barang pada transaksi retur penjualan jika dilakukan penyimpanan ulang. Dan hal ini berpotensi menyebabkan laporan keuangan Anda berubah, jika proses penyimpanan ulang dilakukan pada periode yang berbeda dengan terjadinya perubahan atas transaksi tersebut. Untuk mengaktifkan fitur ini dilakukan dari menu Pengaturan | Preferensi, kemudian ke bagian Penjualan dan centang untuk informasi ‘Perbaharui biaya barang jika disimpan ulang’

Perlakuan & Dampak Fitur Pada pencatatan

Ilustrasi Kasus: Barang yang di retur adalah barang tanpa ada informasi Harga Pemasok & Harga Beli

Kasus ini menggunakan metode persediaan FIFO. Stock barang per tanggal 19 Desember 2017, merupakan transaksi pembelian melalui Penerimaan Barang tanpa melalui Pesanan Pembelian. Nilai barang yang masuk, yaitu sebesar Rp 75.000 merupakan nilai barang yang diambil dari transaksi pembelian sebelumnya (transaksi Faktur Pembelian tanggal 4 Desember 2017). Nilai barang pada transaksi Penerimaan Barang ini akan berubah setelah dibuatkan Faktur Pembeliannya.

Nilai barang yang dimasukkan kembali sebagai nilai stock barang adalah sebesar Rp 75.000, dimana nilai ini diambil dari nilai barang dari transaksi sebelumnya, yaitu transaksi Penerimaan Barang. Selanjutnya perusahaan menerima tagihan atas transaksi Penerimaan Barang di tanggal 19 Desember 2017 dengan harga beli sebesar Rp 87.000.

Nilai barang pada transaksi Penerimaan Barang berubah sesuai dengan harga beli yang diisikan pada transaksi Faktur Pembeliannya, yaitu Rp 87.000. Sedangkan nilai barang pada transaksi retur penjualan, masih sama yaitu sebesar Rp 75.000 (masih mengikuti nilai barang dari transaksi penerimaan barang sebelumnya).

Jika Anda mengaktifkan fitur ‘Perbaharui barang saat simpan ulang retur penjualan’, maka saat Anda melakukan simpan ulang pada transaksi retur penjualan, yaitu bisa dengan mengisikan tambahan keterangan atau menghapus barang yang diretur kemudian memanggilnya kembali dan setelah itu simpan. Maka posisi stock barang yang diretur akan ter-update mengikuti nilai barang yang baru dari transaksi sebelumnya

Nilai barang yang diretur kemudian mengikuti nilai barang baru dari transaksi sebelumnya, setelah Anda melakukan simpan ulang atas transaksi retur penjualan tersebut, yaitu menjadi sebesar Rp 87.000.

Pada ilustrasi ini transaksi sebelum dari transaksi retur penjualan adalah menggunakan ilustrasi transaksi penerimaan barang, dengan metode persediaan yang dipilih adalah FIFO dan pilihan update pada transaksi penerimaan barang adalah dengan pilihan salah satu diantara dua berikut ini:

  1. Diperbarui oleh Tagihan, atau
  2. Diperbarui jika tanggal tagihan pertama dalam periode yang sama dengan penerimaan barang

Pilihan tersebut bisa diatur dari menu Pengaturan | Preferensi | Pembelian.

Was this article helpful?

Related Articles

Request Demo Produk Accurate untuk Perusahaan, GRATIS

X
×