Langkah Penginputan Pesanan Pembelian

Fungsi

Fungsi dari fitur ini adalah sebagai suatu proses awal dari transaksi pembelian ke pemasok, yaitu formulir transaksi untuk melakukan pencatatan atas pesanan barang yang akan dibeli oleh perusahaan ke pemasok, dengan informasi harga beli dan jumlah kuantitas yang (mungkin) telah disepakati sebelumnya.

Mengaktifkan & Mengakses Fitur

Fitur ini diaktifkan dari menu Pengaturan | Preferensi | Fitur lalu dibagian Pembelian, centang untuk pilihan “Pesanan Pembelian.

Dan untuk mengakses fitur ini dilakukan dari menu Pembelian:

Pada informasi ‘Ambil’ di Formulir Pesanan Pembelian terdapat pilihan a) Barang perlu dipesan dan b) Barang Per Pemasok.

Jika Anda ingin memilih pilihan tersebut maka pastikan Anda telah mengisi informasi nama ‘Pemasok Utama’ pada setiap nama barang persediaannya, yaitu dari menu Persediaan | Barang & Jasa, kemudian ke tab Penjualan/Pembelian.

Penggunaan Fitur

Illustrasi: perusahaan melakukan pemesanan barang persediaan atas permintaan barang oleh bagian gudang, dengan harga yang telah dinegosiasikan sebelumnya ke Pemasok langganan perusahaan.

Langkah-langkah penginputan:

  1. Masuk ke menu Pembelian | Pesanan Pembelian, isikan nama pemasok yang dimaksud dan tanggal dilakukannya pemesanan pembelian tersebut.
  1. Karena perusahaan melakukan pesanan pembelian berdasarkan Permintaan Barang dari bagian gudang, klik ‘Ambil’ dan pilih pilihan ‘Permintaan Barang’ kemudian cari nomor transaksi Permintaan yang dimaksud, kemudian klik ‘Lanjut’.
  1. Jika sudah selesai, klik Simpan untuk menyimpan transaksi Pesanan Pembelian. Pada transaksi Pesanan Pembelian belum ada jurnal transaksi.

Was this article helpful?

Related Articles

Request Demo Produk Accurate untuk Perusahaan, GRATIS

X
×