Fungsi
Fungsi dari fitur Jasa Pengiriman adalah sebagai informasi penggunaan jasa pengiriman pada transaksi penjualan yang dilakukan oleh perusahaan. Informasi jasa pengiriman bisa ditampilkan dalam beberapa Laporan Penjualan di Accurate Online.
Mengaktifkan & Mengakses Fitur Jasa Pengiriman
Untuk mengaktifkan fitur ini dilakukan dari menu Pengaturan | Preferensi | Fitur, pada bagian Penjualan centang untuk pilihan ‘Jasa Pengiriman’, kemudian klik ok.
Setelah fitur ini diaktifkan, maka akan tampil fitur “Pengiriman” pada menu Perusahaan, untuk mengisikan daftar Jasa Pengiriman yang biasa digunakan oleh perusahaan untuk melakukan pengiriman barang ke pelanggan. Informasi jasa pengiriman yang telah didaftarkan, akan tampil pada formulir penjualan untuk dilakukan pemilihan sesuai jasa pengiriman yang digunakan.
Penggunaan Dalam Transaksi
Ilustrasi: perusahaan mengirimkan barang ke pelanggan atas pesanan penjualan dari pelanggan. Pengiriman barang tersebut menggunakan jasa kurir dari perusahaan.
Langkah-langkah menginput transaksi tersebut adalah:
- Masuk ke menu Penjualan | Pengiriman Pesanan.
- Pilih nama pelanggan yang dimaksud dan pada bagian ‘Ambil’ klik pilihan ‘Pesanan’, kemudian pilih nomor transaksi pesanan yang dimaksud dan klik ‘Lanjut’.
- Informasi jasa pengiriman telah otomatis terisi dengan Kurir, karena pada formulir Pesanan Penjualan informasi jasa pengiriman telah dipilih dengan jasa pengiriman Kurir. Informasi jasa pengiriman bisa Anda ganti jika memang ada perubahan pada jasa pengiriman yang akan digunakan.
- Informasi pengiriman pesanan dengan menampilkan jasa pengiriman bisa Anda lihat dari menu Daftar Laporan | Penjualan | Daftar Pengiriman Pesanan.
- Beberapa laporan penjualan lainnya juga bisa Anda tampilkan informasi Jasa Pengiriman, yaitu dengan melakukan modifikasi dan menampilkan kolom Nama pada folder Pengiriman.