Menggunakan Fitur Faktur Mendahului Pengiriman

Faktur mendahului pengiriman memungkinkan bagi Anda untuk mengirimkan faktur (tagihan) kepada pelanggan sebelum pengiriman barang/jasa yang dijual. Biasanya kasus ini terjadi pada transaksi secara online, dimana pelanggan diharuskan untuk membayar terlebih dahulu dan setelahnya kemudian barang/jasa tersebut dikirimkan.

Pada jenis transaksi Faktur mendahului pengiriman, transaksi penjualan sudah dianggap terjadi, hanya saja barang yang dijual belum dikirimkan ke pelanggan. Oleh karena itu, pada jenis transaksi ini, Accurate Online sudah mencatat nilai penjualan, namun nilai Beban Pokok Penjualan atau HPP belum mengambil nilai yang sebenarnya, melainkan mengambil dari nilai persediaan terakhir atas pembelian barang tersebut. Dan ketika barang dikirimkan, jika terjadi selisih nilai persediaan, maka akan dialokasikan ke akun Beban Pokok Penjualan.

Mengaktifkan & Mengakses Fitur Faktur Mendahului Pengiriman

Untuk mengaktifkan fitur ini dilakukan dari menu Pengaturan | Preferensi, pada bagian Penjualan, centang pilihan Faktur Dimuka.

Dan untuk menggunakan fitur ini, dilakukan pada formulir Faktur Penjualan, yaitu setelah Anda memilih barang/jasa yang akan dijual, kemudian pada bagian informasi (icon i), akan ada pilihan ‘Faktur Dimuka’. Silahkan centang pilihan tersebut, jika penjualan tersebut termasuk dalam jenis penjualan Faktur Dimuka.

Mengaktifkan Fitur Faktur Dimuka

Berikan checklist pada pilihan Faktur Dimuka

Menggunakan fitur Faktur Dimuka dalam Transaksi Penjualan

Penggunaan dalam Transaksi

Ilustrasi penjualan dengan Faktur Dimuka. Perusahaan menerima pesanan dari pelanggan. Dan barang pesanan tersebut akan dikirim setelah pelanggan melakukan pelunasan atas tagihan pesanan tersebut.

Langkah-langkah penginputan transaksi Penjualan dengan Faktur Dimuka:

  1. Membuat Pesanan Penjualan atas pesanan dari pelanggan, kemudian klik ‘Proses’ dan pilih Faktur

Membuat Pesanan Penjualan untuk Faktur Dimuka

  1. Pada formulir Faktur Penjualan, sebelum menyimpannya, klik pada bagian informasi (dengan icon huruf i), kemudian centang informasi pada faktur dimuka yaitu ‘Ya (Mendahului Pengiriman)’. Kemudian simpan. Maka otomatis nilai penjualan serta piutang sudah tercatat, namun nilai persediaan belum dikeluarkan dari pencatatan.

Faktur Penjualan dengan Faktur Dimuka

  1. Setelah membuat faktur dimuka-nya, transaksi Faktur Penjualan tersebut bisa dilanjutkan untuk mencatat Pembayaran Penjualan dari pelanggan.
  1. Dan proses terakhir adalah melakukan Pengiriman Pesanan atas transaksi Faktur Penjualan dengan Faktur Dimuka. Pada formulir Pengiriman Pesanan, pilih nama pelanggan yang bersangkutan, kemudian lengkapi infomasi yang dibutuhkan pada formulir Pengiriman pesanan tersebut, dan untuk memilih Faktur Dimuka-nya, klik pilihan AMBIL dan pilih FAKTUR DIMUKA. Sampai disini, proses pencatatan Penjualan dengan faktur dimuka berakhir.

Was this article helpful?

Related Articles

Request Demo Produk Accurate untuk Perusahaan, GRATIS

X
×