2 Langkah Proses Pencatatan Klaim Pelanggan

Fitur Klaim Pelanggan pada Accurate Online (AOL) berfungsi untuk mencatat klaim dari pelanggan atas barang yang rusak, yang masih dalam masa garansi. Proses pencatatan klaimnya terdiri dari Terima Barang (saat pelanggan mengembalikan barang yang rusak) dan Kirim Barang (memberikan barang baru ke pelanggan).

Mengaktifkan & Mengakses Fitur

Untuk menggunakan fitur Klaim Pelanggan, Anda perlu mengaktifkan fitur ini dari menu Pengaturan | Preferensi | Fitur pada bagian Penjualan. Formulir Klaim Pelanggan bisa diakses melalui menu Penjualan.

Mengaktifkan fitur Klaim Pelanggan pada Preferensi
Mengakses Fitur Klaim Pelanggan dari Menu Penjualan

Setelah mengaktifkan fitur klaim pelanggan, selanjutnya Anda perlu mengisikan akun penampung untuk nilai persediaan dan selisih nilai persediaan dari Klaim Pelanggan. Pengisian akun tersebut dilakukan melalui menu Pengaturan | Preferensi | Akun Perkiraan pada bagian Klaim Pelanggan.

Mengisi akun Penampung untuk transaksi Klaim Pelanggan

Akun selisih nilai persediaan bisa diisikan dengan pilihan tipe akun beban pokok penjualan, beban dan beban lainnya.

Penggunaan Dalam Transaksi

Dalam proses klaim pelanggan terdiri dari 2 (dua) proses yaitu Terima Barang dan Klaim Barang. Berikut ini langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk proses Klaim Pelanggan di Accurate Online:

Menerima Klaim Pelanggan (Terima Barang)

Berikut langkah-langkah untuk menginput (menerima) klaim pelanggan:

  1. Masuk ke Menu Penjualan kemudian pilih Klaim Pelanggan.
  2. Pada formulir Klaim Pelanggan pilih nama Pelanggan yang melakukan klaim. Informasi Klaim pelanggan akan otomatis terpilih ‘Terima Barang’.
  1. Pilih nama barang yang akan diretur (klaim) oleh pelanggan kemudian isikan jumlah kuantitas barang yang diklaim dan nama gudang untuk menyimpan barang yang dikembalikan.
  1. Klik ‘Lanjut’ untuk meneruskan dan simpan transaksi.

Memberikan Klaim Pelanggan

Berikut langkah-langkah untuk memberikan barang pengganti dari klaim pelanggan:

  1. Masuk ke menu Penjualan | Klaim Pelanggan.
  2. Pada formulir Klaim Pelanggan pilih tipe Klaim dengan ‘Kirim Barang’ dan otomatis akan tampil box untuk memilih nomor Klaim Pelanggan yang telah diinput.
  1. Pilih nomor klaim pelanggan yang dimaksud (sesuai dengan bukti klaim pelanggan yang diberikan ke pelanggan) dan akan tampil informasi barang dan jumlah kts barang yang diklaim. Klik ‘Lanjut’.
  1. Jumlah kts dan nama gudang otomatis sama dengan yang diinput pada klaim penerimaan barang. Untuk mengubahnya, klik 2x pada barang yang dimaksud dan lakukan pengubahan pada box detail barang.
  1. Klik lanjut.

Was this article helpful?

Related Articles

Keranjang Belanja