Stocktake Adalah Aktivitas Penting Dalam Bisnis, Benarkah?

Stocktake Adalah Aktivitas Penting Dalam Bisnis, Benarkah?

Istilah ini jarang sekali dibahas, meskipun begitu stocktake adalah hal yang tidak kalah penting untuk diketahui. Stocktake merupakan istilah yang berkaitan erat dengan dunia bisnis.

Sesuai namanya, stocktake berkaitan dengan persediaan barang perusahaan. Penasaran dengan penjelasan lengkapnya? Jangan sampai melewatkan pembahasannya pada artikel dibawah ini.

Stocktake Adalah?

Sebelum menjelaskan maknanya, stocktake pada dasarnya merupakan tindakan untuk mengawasi dan mengendalikan stok barang yang dijual atau dimiliki oleh perusahaan. Apabila sudah menipis, maka perusahaan dapat segera menambah stoknya agar persebaran produk di pasaran tidak sampai habis.

Stocktake tidak perlu dilakukan setiap hari, umumnya pihak yang bertanggung jawab menanganinya akan melakukan stocktake satu atau dua kali per tahunnya. Penerapannya dilakukan tergantung dari masing-masing perusahaan.

Bukan hanya untuk mengetahui ketersediaan barang, siapa sangka stocktake juga bermanfaat dalam mempermudah penanganan masalah yang muncul di kemudian hari. Contohnya proses produksi dan proses lainnya yang berkaitan menjadi lebih terkontrol.

Manfaat Penting dari Stocktake

Penerapan stocktake terbukti sangat membantu pemilik bisnis dalam memantau usahanya. Mulai dari mendeteksi pencurian, mengidentifikasi stok yang berjalan lambat dan yang lainnya. Untuk lebih jelas simak pembahasannya pada poin berikut:

1. Dapat Mendeteksi Pencurian

Stocktake dilakukan dengan sistem pencatatan yang terperinci, apabila barang di tempat penyimpanan lebih sedikit dari data yang ada, maka ada dua kemungkinan yaitu telah terjadi tindak pencurian atau data yang diinput kurang tepat.

2. Dapat Mengidentifikasi Stok yang Bergerak Lambat

Ada kalanya sebuah produk peredarannya kurang cepat yang pada akhirnya dapat merugikan perusahaan. Dengan melihat data dari stocktake, perusahaan akan lebih tahu langkah apa yang harus dilakukan, misalnya dengan memberikan diskon besar-besaran atau lainnya.

Selain itu barang yang pergerakannya lambat dapat dihentikan produksinya atau hanya mengurangi produksinya dengan tetap melihat perkembangan pasar terkini.

Baca juga: Benarkah Behavioral Targeting Adalah Strategi yang Efektif?

Pada dasarnya, stocktake adalah data-data yang berisi stok barang dari sebuah perusahaan. Pendataannya umumnya dilakukan setahun sekali atau dua kali setahun sehingga data yang bisa didapatkan cukup valid. 

Itulah informasi singkat tentang stock take dan manfaatnya. Bagi Anda yang ingin menerapkan metode ini sangat disarankan untuk menggunakan software Accurate dari Pro Consulting.

Mengapa demikian?

Karena Accurate adalah aplikasi akuntansi terbaik dan Pro Consulting adalah partner resminya. Dengan segala fitur canggihnya, Accurate Online mampu mempermudah segala proses bisnis terutama yang berkaitan dengan data seperti mengontrol stok produk.

Jadi, yuk gunakan Accurate Online sekarang juga untuk tingkatkan efisiensi bisnis Anda!

 

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Request Demo Produk Accurate untuk Perusahaan, GRATIS

X
×