Siklus Manajemen Kinerja, Apa Itu dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Siklus Manajemen Kinerja, Apa Itu dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Dalam dunia bisnis yang kompetitif saat ini, tidaklah cukup hanya memiliki karyawan yang berbakat dan berpengalaman. Penting bagi perusahaan untuk memiliki sistem untuk pengelolaan kinerja yang efektif, dan itulah sebabnya siklus manajemen kinerja menjadi sangat penting.

Siklus ini merupakan suatu pendekatan terstruktur yang dirancang untuk memantau, mengevaluasi, dan meningkatkan kinerja karyawan. Dengan memahami bagaimana konsep ini bekerja, Anda dapat mengoptimalkan potensi karyawan.

Pengertian Siklus Manajemen Kinerja

Berdasarkan keterangan dari UC Berkeley disebutkan bahwa siklus manajemen kinerja adalah suatu upaya komunikasi yang dilakukan secara berkelanjutan. Komunikasi yang dimaksud adalah yang dilakukan karyawan dan atasannya.

Tujuannya tentu untuk mencapai visi dan misi perusahaan. Penerapan konsep manajemen ini menjadi hal yang paling dibutuhkan untuk membantu mencapai cita-cita dan targetnya.

Diambil dari keterangan lain, disebutkan bahwa konsep ini terbukti mampu menyelaraskan semua karyawan dari berbagai sumber daya lain sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai secara maksimal.

Baca juga: Yuk, Ketahui Definisi Akuntansi Persediaan dan Manfaatnya!

Dengan persaingan bisnis yang semakin ketat ini, adanya manajemen kinerja setidaknya mampu membuat perusahaan lebih kuat. Mengapa? Sebab, setiap karyawan sudah mengetahui apa saja tugas dan tanggung jawabnya. Jadi, tidak ada lagi kebingungan harus mengerjakan apa hari ini dan di hari-hari berikutnya.

Cara Kerja Siklus Manajemen Kinerja

Manajemen kinerja atau bisa disebut juga dengan program performance management menggunakan cara kerja yang masih tradisional. Meskipun begitu, cukup efektif membangun lingkungan kerja yang sportif dan efektif.

Prosesnya sendiri melibatkan penyusunan dan evaluasi target, langkah-langkah, dan pencapaian penting. Manfaatnya penting agar evaluasi kinerja bisa dilakukan pada saat tatap muka, bukan hanya per akhir tahunnya.

Karyawan yang terbukti memiliki kinerja kurang maksimal akan mendapatkan peringatan untuk membuat kinerjanya kembali membaik. Dengan begitu bila muncul masalah, maka pihak petinggi dengan mudah mencari solusi sebelum masalah tersebut semakin membesar.

Baca juga: Penasaran Apa Itu Pemasaran Holistik? Baca Jawabannya Disini!

Alur manajemen kerja ini juga membuat seorang manajer dapat membentuk alur kerja yang sesuai, merekomendasikan langkah baru, dan membuat keputusan untuk membantu karyawan menerapkan aturan yang sudah dibuat.

Tentunya selain menerapkan siklus manajemen kerja, Anda juga perlu memperhatikan hal lainnya seperti proses administrasi bisnis. Mulai dari pencatatan transaksi, data piutang pelanggan, hingga laporan keuangan tiap bulannya.

Nah, dalam hal ini Anda bisa lho memanfaatkan kecanggihan teknologi yakni menggunakan software akuntansi Accurate. Setup awal yang mudah dan fitur canggih di dalamnya membuat Accurate berhasil menyandang nominasi aplikasi akuntansi terbaik.

Anda dapat memperolehnya melalui Pro Consulting, mitra resmi mereka. Yuk, gunakan Accurate sekarang juga!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Request Demo Produk Accurate untuk Perusahaan, GRATIS

X
×