Pemasaran Holistik Adalah?

Penasaran Apa Itu Pemasaran Holistik? Baca Jawabannya Disini!

Bagi Anda yang ingin mendirikan sebuah perusahaan, harus tahu apa itu pemasaran holistik. Dalam sektor bisnis, pemasaran holistik adalah poin yang memegang peranan besar dalam aktivitas penjualan.

Ada banyak ahli yang sudah menjelaskan apa itu pemasaran holistik dan hal-hal penting lainnya. Dalam bisnis, pemasaran menentukan bagaimana proses transaksi jual beli dilakukan. Lantas apa yang dimaksud pemasaran holistik ini?

Pemasaran Holistik Adalah?

Menurut buku Digital Marketing dan Fintech di Indonesia (2020), Yoyo Sudaryo menjelaskan bahwa pemasaran holistik adalah proses pengembangan, perancangan, dan pelaksanaan program dan kegiatan pemasaran.

Seringkali jenis pemasaran ini digunakan untuk mengidentifikasi perubahan-perubahan yang terjadi, baik secara individu ataupun sosial dan beradaptasi dengan perubahan tersebut.

Sifat pemasarannya cenderung terintegrasi dan menyeluruh di segala aspek. Misalnya saja pemasaran melalui hubungan konsumen atau relasi, pemasaran yang bertanggung jawab secara sosial, etika dan hukum, pemasaran internal (departemen pemasaran dan manajemen puncak), serta pemasaran terpadu (komunikasi dan produk atau jasa).

Manfaat Pemasaran Holistik yang Jarang Diketahui

Mengapa pemasaran holistik tidak boleh disepelekan dalam proses bisnis? Bukan tanpa alasan, ini karena pemasaran holistik dapat memberikan banyak keuntungan bagi Anda seperti berikut ini!

1. Mempermudah Pemasar Melakukan Kegiatan Pemasaran

Promosi yang dilakukan menggunakan pemasaran holistik harus merancang terlebih dahulu kegiatan pemasarannya secara menyeluruh. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi tingkat kesalahan atau kegagalan yang mungkin terjadi dalam penerapannya.

2. Pemasaran Holistik Mampu Mengeksplorasi Produk yang Dirancang

Pemasaran holistik juga berguna untuk mendalami konsep produk, proses pembuatan, sistem pemasaran, iklan, dan aspek lainnya.

3. Pemasaran Holistik Memudahkan dalam Menentukan Segmentasi Pasar

Keuntungan lain yang tidak boleh dilewatkan adalah menentukan produk sesuai segmentasi pasar. Dengan begitu, kemungkinan besar produk Anda akan diterima oleh kebanyakan konsumen.

Tingginya pesaing memang sering menjadi PR perusahaan-perusahaan yang sedang berkembang. Penerapan pemasaran holistik diharapkan mampu meningkatkan jumlah pembeli secara signifikan dalam jangka panjang.

Dari pembahasan pemasaran holistik diatas, ditemukan fakta bahwa pemasaran ini adalah penyumbang banyak manfaat di balik penerapannya. Untuk menerapkannya tentu butuh tenaga ahli agar hasilnya maksimal. Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi akuntansi untuk mempermudah prosesnya seperti software Accurate Online.

Accurate Online menawarkan berbagai fitur canggih di dalamnya seperti pencatatan transaksi otomatis, pengingat tagihan utang piutang hingga pengelolaan pajak. Anda bisa mendapatkan software akuntansi terbaik ini hanya di Pro Consulting!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×