Overall Equipment Effectiveness Adalah?

Overall Equipment Effectiveness Adalah?

Pasti Anda akan setuju bahwa meningkatkan kinerja mesin produksi penting adanya untuk mengembangkan bisnis. Nah, untuk mewujudkan tujuan tersebut ada banyak cara yang bisa dilakukan, menerapkan overall equipment effectiveness adalah salah satunya.

Sederhananya, OEE merupakan salah satu metode yang ada di TPM (Total Productive Maintenance yang digunakan sebagai indikator performa mesin atau sistem. Mengenai pengertiannya, para ahli telah mengemukakan pandangan mereka masing-masing.

Arti singkatan dari OEE sebelumnya sudah disebutkan yaitu suatu perhitungan yang sengaja dilakukan untuk melihat efektivitas mesin atau peralatan. Seperti yang telah kita ketahui, mesin merupakan penentu bagaimana proses produksi berlangsung efektif atau malah sebaliknya.

Lebih lanjut, para ilmuwan memaparkan dengan jelas apa itu OEE. Temukan penjelasan lengkapnya di bawah ini!

1. Menurut Nakajima

Membahas tentang OEE, Nakajima menyebutkan OEE merupakan sebuah metode yang digunakan untuk menilai efektivitas penggunaan pada sistem atau mesin. Cara menganalisisnya menggunakan berbagai sudut pandang di dalam suatu proses perhitungan.

Tujuan utamanya untuk mendapatkan hasil yang paling mendekati kondisi sebenarnya. Mesin merupakan benda mati yang hanya akan memberikan sebuah tanda-tanda ketika mengalami kerusakan baik kecil maupun parah.

2. Menurut Davis

Selanjutnya ada Davis, tokoh ini menjelaskan bahwa OEE adalah jawaban dari perhitungan ketersediaan, efisiensi kinerja, dan tingkat kualitas suatu produk sehingga diketahui keseluruhan struktur yang dihasilkan.

Baca juga: Matrix Ansoff Ini Membantu Anda Menyusun Strategi Bisnis!

Perumpamaannya yakni dengan cara membantu seseorang dalam mengetahui seberapa efektif struktur sebuah mesin. Apabila ternyata ada cacatnya, maka dapat sesegera mungkin dicari solusi terbaiknya.

3. Menurut Rizkia

Pendapat terakhir dipaparkan oleh Riskia yang menyatakan OEE adalah suatu ukuran nilai efektivitas pada penggunaan mesin atau suatu peralatan. Penentuan efektifitasnya dilihat dengan menghitung ketersediaan komponen penyusun mesin, kinerja, dan juga kualitas produk yang diproduksinya.

Itulah ulasan singkat mengenai overall equipment effectiveness. Sebagai calon pengusaha, overall equipment effectiveness adalah hal yang patut Anda pahami. Pasalnya, mesin produksi yang tidak berjalan dengan efektif, dapat menimbulkan berbagai masalah seperti downtime, kegagalan produksi, dan biaya produksi yang lebih tinggi. 

Jadi, pastikan Anda memantau OEE dalam proses produksi secara rutin ya!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×