Fulfillment artinya

Ketahui Definisi, Proses hingga Fungsi Fulfillment

Berkat kecanggihan teknologi yang semakin pesat, kegiatan jual beli online semakin digemari. Dalam kegiatannya, dikenal berbagai istilah yang mungkin masih asing untuk orang awam, salah satunya adalah fulfillment.

Fulfillment berkaitan erat dengan pemenuhan pesanan pelanggan yang mencakup beberapa tahapan penting. Prosesnya melalui tahap penerimaan pesanan sampai pengiriman ke alamat tujuan.

Sebenarnya Fulfillment Artinya Apa?

Arti dari kata fulfillment adalah proses pemenuhan pesanan pelanggan dalam kegiatan jual beli. Maksud dari proses pemenuhan pesanan sendiri mencakup beberapa tahapan mulai dari penerimaan pesanan, pemrosesan pesanan, dan pengiriman produk ke pemesan.

Meski fulfillment lebih dikenal dalam transaksi jual beli online, tetapi sebenarnya jual beli offline juga menggunakan sistem tersebut. Hanya saja berbeda istilah yaitu disebut back-office operation.

Meski di Indonesia fulfillment baru dikenal beberapa tahun belakang, akan tetapi pengembangannya sudah lama. Berdasarkan informasi yang didapatkan, fulfillment mulai diperkenalkan pada tahun 1997.

Baca juga: Pemula Wajib Simak! Begini Cara Menganalisis Pasar yang Benar 

Istilah tersebut untuk pertama kalinya digunakan oleh e-commerce besar yaitu Amazon. Dalam hal ini, Amazon menggunakan gudang (warehouse) sebagai pusat untuk proses fulfillment termasuk menampung barang sementara.

Fungsi Fulfillment dalam Bisnis Online

Ada alasan mengapa fulfillment digunakan di era modern ini, salah satunya karena menawarkan berbagai keuntungan. Dalam penerapannya, fulfillment sangat mendukung aktivitas bisnis online.

Prosesnya sangat membantu dalam proses pengiriman barang sampai ke lokasi tujuan dengan kondisi yang baik. Dibandingkan harus mengirim sendiri ke tempat tujuan, menggunakan sistem fulfillment jauh lebih praktis dan menghemat biaya.

Baca juga: Apa Itu Metode Accrual Basis dan Cash Basis?

Dari sekian banyak fungsinya, salah satu yang terbilang penting adalah membantu bisnis fokus untuk mengembangkan bisnisnya. Jadi tidak lagi perlu memikirkan bagaimana cara mengantar barang ke tangan pembeli yang tempat tinggalnya jauh misalnya di luar pulau atau luar negeri.

Sudah paham fulfillment artinya apa? untuk yang yang belum paham, tidak perlu khawatir. Informasi lebih lengkap bisa didapatkan dengan mengakses halaman berikut. Ada banyak sekali informasi menarik yang sayang untuk dilewatkan. 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×