Cara Mudah Menggunakan Fitur Tukar Faktur di Accurate Online

Cara Mudah Menggunakan Fitur Tukar Faktur di Accurate Online

Tukar faktur adalah proses di mana dua pihak atau lebih saling menukar atau mempertukarkan tagihan sebagai bagian dari transaksi perdagangan atau bisnis. Hal ini biasanya dilakukan untuk mempermudah proses pembayaran dan pelaporan keuangan.

Dalam kegiatan tukar menukar invoice ini, setiap pihak akan mengirim tagihan kepada pihak lain yang berisi rincian transaksi atau barang/jasa yang telah diberikan. Kemudian, pihak-pihak tersebut akan mengkonfirmasi dan memvalidasi informasi yang tercantum dan menyesuaikan jumlah yang harus dibayarkan atau diterima sesuai dengan nilai faktur yang saling ditukar. 

Memang terdengar sedikit rumit ya? Namun, tenang saja karena kini Anda bisa mudah melakukannya hanya dengan menggunakan software Accurate. Kehandalan cara kerja dan fitur di dalamnya, membuat Accurate menjadi pilihan utama para pelaku usaha.

Apa itu Accurate Online?

Accurate Online adalah software akuntansi terkemuka yang menawarkan berbagai fitur canggih, salah satunya adalah kemampuan untuk melakukan tukar faktur secara elektronik. Dengan menggunakan Accurate Online, perusahaan dapat dengan mudah melakukan proses pertukaran faktur dengan mitra bisnis mereka secara otomatis dan terstruktur.

Baca juga: 7 Keunggulan Accurate Online Sebagai Software Akuntansi Terbaik

Kita akan membahas bagaimana Accurate Online memfasilitasi proses penukaran faktur, menghemat waktu dan sumber daya, serta meningkatkan akurasi dan transparansi dalam proses akuntansi. 

Mari kita jelajahi lebih dalam tentang bagaimana Accurate Online menghadirkan inovasi dalam proses tukar bukti tagihan dan memberikan manfaat luar biasa bagi dunia bisnis modern.

Cara Penggunaan Fitur Tukar Faktur di Accurate Online

Berikut adalah langkah-langkah penggunaan fitur tukar invoice di Accurate Online:

  1. Pastikan fitur Tukar Faktur telah ditampilkan pada menu penjualan. Anda dapat memverifikasinya melalui menu Pengaturan > Preferensi > Tab Fitur, kemudian centang opsi Tukar Faktur pada bagian Penjualan dan klik Simpan.
  2. Setelah fitur diaktifkan, buka menu Penjualan dan pilih opsi yang telah diaktifkan sebelumnya.
  3. Klik opsi Ambil dan hilangkan centang pada kolom pelanggan (jika ingin memilih pelanggan tertentu saja). Anda dapat memilih faktur penjualan yang ingin ditukarkan berdasarkan nama pelanggan, nomor faktur, alamat, dan lainnya.
  4. Pilih pelanggan yang akan ditukarkan fakturnya, sebagai contoh PT Sentosa. Selanjutnya, dokumen Tukar Faktur dapat dicetak sebagai bukti sah penagihan kepada pelanggan, serta disimpan untuk diproses pada Penerimaan Penjualan.
  5. Untuk memproses Tukar Faktur menjadi Penerimaan Penjualan, pergi ke menu Penjualan dan pilih opsi Penerimaan Penjualan.
  6. Isi kolom “Terima Dari” dengan nama pelanggan, seperti contohnya adalah PT Sejahtera. 
  7. Kemudian pilih akun penerimaan penjualan, misalnya akun Bank.
  8. Klik opsi Ambil dan pilih Tukar Faktur. Selanjutnya, pilih nomor penukaran faktur yang sesuai dengan penukaran faktur PT Sejahtera dan klik lanjut.
  9. Masukkan nilai pembayaran atas faktur tersebut, kemudian klik Simpan. Penerimaan penjualan atas faktur yang ditukarkan telah selesai.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat memanfaatkan fitur tukar faktur di Accurate Online dengan lebih efisien, menghemat waktu, dan meningkatkan akurasi dalam proses akuntansi.

Hubungi kami sekarang juga untuk dapatkan software Accurate dengan promo menarik!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Request Demo Produk Accurate untuk Perusahaan, GRATIS

X
×