Accurate Online untuk Laporan Laba Rugi Perusahaan Jasa

Perusahaan jasa perlu mengelola keuangan dengan baik agar dapat berjalan dengan lancar dan mencapai tujuannya. Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan adalah laporan laba rugi. Laporan laba rugi merupakan laporan yang menunjukkan kinerja keuangan perusahaan selama periode tertentu.

Untuk membuat laporan laba rugi yang akurat, perusahaan jasa perlu memiliki sistem akuntansi yang memadai. Accurate Online adalah salah satu software akuntansi yang dapat membantu perusahaan jasa dalam mengelola keuangannya.

Accurate Online adalah software akuntansi yang dapat membantu perusahaan jasa dalam mengelola keuangannya dengan lebih mudah dan akurat. Fitur-fitur yang tersedia di Accurate Online dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan perusahaan jasa, seperti fitur invoice, fitur pengelolaan biaya, dan fitur laporan keuangan

Pada artikel ini, Pro Consulting akan memberikan penjelasan mengenai cara menghitung dan menyusun laporan laba rugi perusahaan jasa. Berikut ini penjelasan detailnya!

Laporan Laba Rugi Perusahaan Jasa

Laporan laba rugi untuk perusahaan jasa merupakan dokumen penting yang berisi mengenai keberhasilan suatu usaha jasa dalam menjalankan operasionalnya selama periode waktu tertentu. 

Dalam membuat laporan laba rugi, perlu menghitung dan membandingkan antara pendapatan dan beban. Pendapatan adalah semua uang yang diperoleh dari menyediakan jasa. Sedangkan beban adalah semua biaya yang dikeluarkan untuk menjalankan usaha, seperti biaya sewa, gaji karyawan, dan biaya operasional lainnya.

Dengan membuat laporan laba rugi dapat memberi data keuangan usaha. Sehingga pemilik usaha dapat mengambil keputusan yang tepat agar perusahaan untung.

Cara Menghitung Laba Rugi Perusahaan Jasa

Dalam menghitung laporan laba rugi, gunakan rumus total pendapatan dikurangi total beban. Agar lebih paham, berikut ini contohnya:

accurate-online-perusahaan-jasa


Pak Rudi ingin membuat laporan laba rugi perusahaan jasa di bengkelnya. Pak Rudi menggunakan persamaan dasar akuntasi sebagai data keuangan. Berikut ini data laporan keuangan Bengkel Pak Rudi:

Dalam menghitung laporan laba rugi perusahaan jasa, langkah pertama adalah dengan mengetahui pendapatan dan beban perusahaan jasa.

Dalam menghitung laporan laba rugi perusahaan jasa, langkah pertama adalah dengan mengetahui pendapatan dan beban perusahaan jasa.

Seperti yang tertera pada gambar 1 di atas, pendapatan jasa Bengkel Rudi sebesar Rp 17.000.000.

Sedangkan beban Bengkel Pak Rudi terdiri atas beban sewa, beban gaji, beban perlengkapan, beban penyusutan peralatan dan beban listrik dan telepon. Apabila dijumlahkan total bebannya sebesar Rp 13.600.000.

Maka laporan laba rugi perusahaan jasa Bengkel Pak Rudi sebesar Rp 3.400.000. Artinya Bengkel Pak Rudi untung sebesar Rp 3.400.000

Cara Menyusun Laporan Laba Rugi Perusahaan Jasa

Ada 2 metode dalam menyusun laporan laba rugi perusahaan jasa. Metode langsung atau single step dan metode tidak langsung atau multiple step. 

1. Metode Langsung (Single Step)

accurate-online-perusahaan-jasa

Rumus laporan laba rugi perusahaan jasa dengan metode langsung. Dengan menjumlahkan semua uang yang masuk (pendapatan) dan semua uang yang keluar (beban). 

2. Metode Tidak Langsung (Multiple Step)

accurate-online-perusahaan-jasa

Berbeda dengan metode langsung, rumus laporan laba rugi perusahaan jasa secara tidak langsung dengan cara mengelompokkan pendapatan dan beban operasional dan non operasional.

Jenis dan Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Jasa

Ada empat jenis laporan keuangan dari perusahaan jasa. Pertama, laporan laba rugi. Laporan ini bertujuan untuk mengetahui apakah perusahaan tersebut, untung atau rugi. 

Kedua, laporan perubahan modal yang mencatat perubahan dalam investasi pemilik. Ketiga, laporan arus kas yang menggambarkan aliran masuk dan keluar uang. Terakhir, neraca yang menampilkan aset, kewajiban, serta ekuitas perusahaan. Berikut ini penjelasan:

1. Laporan Laba Rugi Perusahaan Jasa

accurate-online-perusahaan-jasa

Laporan laba rugi adalah dokumen yang memuat informasi tentang semua pendapatan dan beban perusahaan selama satu periode akuntansi. 

Laporan ini dibuat di akhir periode dan berguna untuk mengevaluasi kinerja perusahaan. Ada dua cara untuk menyusun laporan laba rugi, yaitu metode single step dan multi step

2. Laporan Perubahan Modal Perusahaan Jasa

Laporan perubahan modal atau ekuitas adalah jenis laporan keuangan khusus di perusahaan jasa yang menampilkan informasi mengenai perubahan pada modal atau ekuitas perusahaan selama satu periode akuntansi. 

Laporan ini mencakup empat unsur utama, yaitu modal awal, laba atau rugi bersih, setoran atau penarikan oleh pemilik, dan modal akhir. Apabila perusahaan mendapatkan laba yang lebih besar dari pengambilan pribadi (prive) oleh pemilik, maka modalnya akan meningkat. Sebaliknya, modal akan menurun jika laba lebih kecil dari pengambilan pribadi atau terjadi kerugian yang ditambah dengan pengambilan pribadi

3. Laporan Arus Kas Perusahaan Jasa

Laporan arus kas adalah laporan keuangan yang menunjukkan uang masuk dan keluar dari perusahaan dalam periode tertentu. 

Laporan ini berguna untuk memberikan informasi yang memungkinkan para pengguna laporan keuangan untuk menilai pengaruh aktivitas tersebut terhadap contoh posisi keuangan perusahaan jasa serta terhadap jumlah kas dan setara kas.

Kas mencakup uang tunai dan rekening giro. Sementara itu, setara kas merujuk pada investasi yang bersifat likuid dan memiliki jangka waktu pendek.

4. Laporan Neraca Perusahaan Jasa

Laporan neraca dalam perusahaan jasa adalah laporan keuangan yang menunjukkan perubahan posisi keuangan perusahaan dalam satu periode akuntansi tertentu.

Laporan ini memberikan informasi tentang aset (harta), liabilitas (kewajiban atau utang), dan ekuitas (modal) perusahaan.

Cara membuat laporan neraca terdiri dari 2 metode, yaitu metode stafel dan skontro.

Laporan neraca metode stafel berbentuk vertikal. Laporan ini, terdiri dari harta atau aktiva di bagian atas dan kewajiban serta modal di bagian bawahnya.

Sedangkan laporan nerasa skontro berbentuk T. Harta atau aktiva di sebelah kiri.  Sedangkan kewajiban dan modal di sebelah kanan. Berikut ini contoh laporan neraca skontro

Laporan neraca terdiri dari beberapa komponen, diantaranya:

  • Kas dan Setara Kas
  • Piutang Usaha. Komponen ini merupakan uang yang masih harus diterima dari pelanggan, misalnya dari penjualan tiket atau dokumen.
  • Uang Muka. Uang yang digunakan untuk membayar di muka saat membeli sesuatu.
  • Aset Tetap. Komponen ini merupakan harta yang dimiliki perusahaan seperti kendaraan, bangunan, dan tanah. Nilainya dihitung dari harga beli dikurangi dengan penyusutan dan kerugian penurunan nilai.
  • Utang Bisnis dan Utang Lain-lain. Utang bisnis mencakup utang dari hal-hal seperti tiket atau dokumen, sedangkan utang lain-lain adalah utang pengembalian uang dari penjualan yang tidak jadi digunakan pelanggan.
  • Utang Pajak. Komponen ini meliputi jenis pajak penghasilan dan pajak pertambahan nilai (PPN).
  • Pendapatan Diterima di Muka. Uang yang sudah diterima dari pelanggan untuk jasa yang belum diberikan. Pendapatan ini diakui saat jasa tersebut sudah diberikan.
  • Modal saham yang ditempatkan dan disetor penuh. Komponen ini menunjukkan jumlah uang yang diinvestasikan pemilik atau pemegang saham dalam perusahaan.

Accurate Online Untuk Perusahaan Jasa

Bagi Anda yang ingin membuat laporan laba rugi perusahaan jasa secara cepat, akurat, dan efisien, Accurate Online solusi yang tepat.

Accurate Online adalah software akuntansi online yang berbasis cloud. Aplikasi ini membantu Anda dalam membuat catatan keuangan, mulai dari pencatatan transaksi hingga pembuatan laporan keuangan. 

Selain itu, Accurate Online juga memenuhi standar perpajakan Indonesia, sehingga memudahkan dalam membuat laporan pajak.

Tidak hanya itu, Accurate Online juga telah dilengkapi berbagai jenis fitur seperti pembuatan faktur, mengelola inventory secara cepat dan akurat, membuat invoice, dan berbagai jenis laporan keuangan.

Yuk segera gunakan Accurate Online sekarang juga dan buktikan manfaatnya sekarang juga. Informasi  lebih lanjut, hubungi Pro Consulting untuk mendapatkan mendapatkan software Accurate Online lengkap dengan trainer profesional.

accurate-online

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Request Demo Produk Accurate untuk Perusahaan, GRATIS

X
×